contoh soal pbo

Posted on Updated on

KELAS DALAM JAVA

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip KELAS DALAM JAVA

Nama program: Segitiga.java

Ketentuan :

  • Buat variable alas dan tinggi yang hanya bisa diakses dari dalam kelas tersebut.

  • Buat Konstruktor untuk memasukkan nilai, yaitu :

    • alas = 3

    • tinggi = 5

  • Buat method/fungsi cetakluas (sediakan variabel untuk menampung alas,tinggi kiriman)

    • Cetak nilai asli alas, tinggi dan luas dari fungsi tersebut dan

    • Cetak las, tinggi dan luas dari fungsi utama

  • Fungsi Utama

    • Bentuk objek untuk menghubungkan dengan kelas Segitiga

    • Panggil method/fungsi cetakluas dengan mengirimkan alas= 10 dan tinggi = 6

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip KELAS DALAM JAVA

Nama program: mahasiswa.java

Ketentuan :

  • Buat variable nim dan nama yang hanya bisa diakses dari dalam kelas tersebut.

  • Buat Konstruktor untuk memasukkan nilai, yaitu :

    • nim = ”0511500111”

    • nama = ”bahtiar”

  • Cetak nim asal, nim kiriman dari fungsi utama dan nama pada method/fungsi cetakmahasiswa (sediakan variabel untuk menampung nim kiriman)

  • Fungsi Utama

    • Bentuk objek untuk menghubungkan dengan kelas mahasiswa

    • Panggil method/fungsi cetakmahasiswa dengan mengirimkan nim = ”0322500678”

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip KELAS DALAM JAVA

Nama program: alamat.java

Ketentuan :

  • Buat variable nama, alamat, telepon dan ttl yang hanya bisa diakses dari dalam kelas tersebut.

  • Buat Konstruktor untuk memasukkan nilai, yaitu :

    • nama = ”Bahtiar”

    • alamat = ”Ciledug”

    • telepon = ”555-5555”

    • ttl = ”Jakarta, 06-06-2006”

  • Buat method/fungsi ”CetakAlamat” sediakan variabel 4 variabel untuk menampung nama, alamat, telepon, ttl kiriman. Nama variabel tidak dientukan.

  • Cetak nama, alamat, telepon, ttl dari fungsi alamat

  • Cetak nama, alamat, telepon, ttl dari fungsi utama

    • Bentuk objek untuk menghubungkan dengan kelas alamat

    • Panggil method/fungsi CetakAlamat dengan mengirimkan nama = ”0322500678”, alamat= ”cinere”, telepon= ”777-7777”, ttl=’Jakarta, 08-08-2004”

INHERITANCE

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip INHERITANCE(PEWARISAN)!

Nama program: TurunanPohon.java

Ketentuan:

Terdapat 4 class:

  • Class Pohon

Buat variable untuk: akar, daun, batang, tumbuh, berbunga!

Buat konstruktor untuk:

this.akar =”tunggang”

this.daun = “menyirip”

this.batang = “bercabang”

this.tumbuh = “tumbuh”

this.berbunga = “berbunga”

Buat fungsi untuk mencetak akar, daun, batang, tumbuh, berbunga!

  • Class PohonMangga extends Pohon (class turunan dari class Pohon)

Buat variable untuk: buah!

Buat konstruktor untuk:

this.buah =”mangga”

Buat fungsi untuk mencetak buah!

  • Class PohonRambutan extends Pohon (class turunan dari class Pohon)

Buat variable untuk: buah!

Buat konstruktor untuk:

this.buah =”rambutan”

Buat fungsi untuk mencetak buah!

  • Class TurunanPohon class utama (main)

Buat objek baru dari class PohonMangga!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Pohon untuk mencetak : akar, daun, batang, tumbuh, berbunga!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class PohonMangga untuk mencetak : buah!

Buat objek baru dari class PohonRambutan!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Pohon untuk mencetak : akar, daun, batang, tumbuh, berbunga!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class PohonRambutan untuk mencetak : buah!

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip INHERITANCE(PEWARISAN)!

Nama program: TurunanOrang.java

Ketentuan:

Terdapat 5 class:

  • Class Orang

Buat variable untuk: rambut,mata,kulit,bahasa

Buat konstruktor untuk:

this.rambut = ”hitam”

this.mata = “hitam”

this.kulit = “sowo matang”

this.bahasa = “melayu”

Buat fungsi untuk mencetak rambut,mata,kulit,bahasa

  • Class OrangEropa extends Orang (class turunan dari class Orang)

Buat variable untuk: posturtubuh!

Buat konstruktor untuk:

this.posturtubuh =”tinggi”

Buat fungsi untuk mencetak posturtubuh!

  • Class OrangAfrika extends Orang (class turunan dari class Orang)

Buat variable untuk: posturtubuh!

Buat konstruktor untuk:

this.posturtubuh =”tinggi”

Buat fungsi untuk mencetak posturtubuh!

  • Class OrangAsia extends Orang (class turunan dari class Orang)

Buat variable untuk: posturtubuh!

Buat konstruktor untuk:

this.posturtubuh =”pendek”

Buat fungsi untuk mencetak posturtubuh!

  • Class TurunanOrang class utama (main)

Buat objek baru dari class OrangEropa!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Orang untuk mencetak : rambut,mata,kulit,bahasa!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class OrangEropa untuk mencetak : posturtubuh!

Buat objek baru dari class OrangAfrika!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Orang untuk mencetak : rambut,mata,kulit,bahasa!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class OrangAfrika untuk mencetak : posturtubuh!

Buat objek baru dari class OrangAsia!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Orang untuk mencetak : rambut,mata,kulit,bahasa!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class OrangAsis untuk mencetak : posturtubuh!

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip INHERITANCE(PEWARISAN)!

Nama program: TurunanBangun.java

Ketentuan:

Terdapat 4 class:

  • Class Bangun

Buat variable untuk: panjang, lebar

Buat konstruktor untuk:

this.panjang = 10

this.lebar = 5

Buat fungsi untuk mencetak panjang dan lebar

  • Class Luas extends Bangun (class turunan dari class Bangun)

Buat variable Luas

Buat konstruktor untuk menghitung Luas:

Luas = panjang x lebar

Buat fungsi untuk mencetak Luas

  • Class Isi extends Bangun (class turunan dari class Bangun)

Buat variable untuk: Isi dan Tinggi

Buat konstruktor untuk menghitung Isi:

this.Tinggi =”tinggi”

Buat fungsi untuk mencetak Tinggi dan Isi!

  • Class TurunanBangun class utama (main)

Buat objek baru dari class Luas!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Bangun untuk mencetak : panjang,lebar!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Luas untuk mencetak : Luas!

Buat objek baru dari class Isi!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Bangun untuk mencetak : panjang,lebar!

  • Dgn objek tsb, panggil fungsi dalam class Isi untuk mencetak : Tinggi dan Isi!

POLYMORPHISME

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip POLYMORPHISME!

Nama program: PolyFilm.java

Ketentuan:

Terdapat 4 class:

  • Class Film

Buat 2 fungsi! untuk dipanggil dalam class turunannya

  • Class HarryPotter extends Film (class turunan dari class Pohon)

Buat 2 fungsi (dgn nama yg sama dgn fungsi di class Film), masing-masing untuk mencetak: “Harry Potter” dan “Hogwarts”!

  • Class LordOfTheRing extends Film (class turunan dari class Pohon)

Buat 2 fungsi (dgn nama yg sama dgn fungsi di class Film), masing-masing untuk mencetak: “Frodo” dan “Gandalf”!

  • Class PolyMorpheus class utama (main)

Buat objek array baru dari class Film!

Dgn objek tsb, buat objek baru (array index 0) dari class HarryPotter!

  • Dgn objek array tsb, panggil fungsi dalam class Film untuk mencetak : “Harry Potter” dan “Hogwarts”!

Dgn objek tsb, buat objek baru (array index 1) dari class LordOfTheRing!

Dgn objek array tsb, panggil fungsi dalam class Film untuk mencetak : “Frodo” dan “Gandalf”!

  1. Buatlah program dalam Java menggunakan prinsip POLYMORPHISME!

Nama program: PolyBangun.java

Ketentuan:

Terdapat 4 class:

  • Class Bangun

Buat 2 fungsi, yaitu fungsi abc dan fungsi def! untuk dipanggil dalam class turunannya

  • Class Segitiga extends Bangun (class turunan dari class Bangun)

Buat 2 fungsi (dgn nama yg sama dgn fungsi di class Bangun), masing-masing untuk mencetak: “Segitiga Sama Kaki” dan “Segitiga Sama Sisi”!

  • Class Persegi extends Bangun (class turunan dari class Bangun)

Buat 2 fungsi (dgn nama yg sama dgn fungsi di class Bangun), masing-masing untuk mencetak: “Bujursangkar” dan “Persegi Panjang”!

  • Class PolyBangun class utama (main)

Buat objek array baru dari class Bangun!

Dgn objek tsb, buat objek baru (array index 0) dari class Segitiga!

  • Dgn objek array tsb, panggil fungsi dalam class Film untuk mencetak : “Segitiga Samakaki” dan “Segitiga Samasisi”!

Dgn objek tsb, buat objek baru (array index 1) dari class Persegi!

  • Dgn objek array tsb, panggil fungsi dalam class Film untuk mencetak : “Bujursangkar” dan “Persegi Panjang”!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s